Jam Makan Yang Bikin Gemuk


Perilaku makan berlebihan bisa bikin gemuk dan memicu kronis yang sering menyertainya misalnya diabetes melitus. Untungnya kecenderungan untuk makan berlebihan tidak terjadi sepanjanag hari, hanya jam-jam berikut ini.

Jam-jam kritis yang bisa membuat orang mengonsumsi makanan lebih dari yang dibutuhkan adalah sebagai berikut :

1. Pukul 08.00
Beberapa orang menganggap sarapan pisang saja sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan energi, tetapi kenyataannya  pada pagi hari orang membutuhkan lebih banyak energi untuk berfikir sehingga tubuh memerlukan karbohidrat yang cukup agar tetap bisa fokus sampai makan siang. Roti gandum dengan isi telur cukup untuk memenuhi kebutuhan energi sampai waktunya makan siang. Terlebih karena gandum merupakan karbohidrat komplek, maka sarapan ini akan membuat perut tidak cepat lapar.

2. Pukul 10.00
Menjelang tengah hari ketika otak mulai kekurangan energi banyak orang yang minum kopi padahal kelebihan kafein beresiko menyebabkan kadar gula darah secra drastis, lalu turun secara tiba tiba sehingga rasanya menjadi cepat lapar.

3. Pukul 12.30
Jam-jam seperti ini perut akan mulai keroncongan, sehingga otak tidak mampu berpikir panjang bahkan sekedar untuk memilih menu makanan yang sehat. Kecenderungannya adalah mencari makan yang sesegera mungkin bisa memuaskan rasa lapar, meski ternyata perut akan cepat lapar lagi.

4. Pukul 15.30
Lapar dan kelelahan adalah musuh utama para karyawan pada jam-jam antara siang hingga sore. Beberapa orang menyiasatinya dengan cemilan, Namun tidak semuanya sehat karena kebanyakan hanya mengandung gula yang efeknya dalam mengganjal rasa lapar tidak bertahan lama. Makanan ringan dengan kandungan protein yang tinggi lebih cocok untuk dikonsumsi pada saat-saat tanggung seperti ini.

5. Pukul 20.00
Kebiasaan buruk ini banyak dilakukan orang di malam hari adalah ngemil keripik kentang sambil nonton televisi. kalau tidak ingin cepat gemuk hentikan kebiasaan ini atau paling tidak gantilah keripik kentang dengan berondong jagung yang dimasak tanpa minyak atau mentega. Selain itu jangan berlama-lama berada di depan televisi, sekiranya sudah bosan segeralah beranjak ke tempat tidur karena menurut penelitian waktu istirahat cukup bisa mengurangi kecenderungan makan berlebih.

Artikel Terkait Jam Makan Yang Bikin Gemuk :

Diberdayakan oleh Blogger.